Senin, 19 April 2010

Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)


Diskripsi
Hipotensi (Hypotension) adalah tekanan darah seseorang turun dibawah angka normal, yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg. Batas normal kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHG.

Namun demikian, beberapa orang tidak sadar jika tekanan darahnya berkisar 110/90 mmHg atau bahkan 100/80 mmHg. Faktor lain yang juga berpengaruh antara lain kurang minum, kurang tidur, serta haid abnormal. Jika dibiarkan maka tekanan darah bisa mencapai batas terendah 90/60 mmHg.

Gejala
Tanda dan gejala hipotensi antara lain; sering pusing, sering menguap, penglihatan terkadang dirasakan kurang jelas (kunang-kunang) terutama sehabis duduk lama lalu berjalan, keringat dingin, merasa cepat lelah tak bertenaga, pingsan yang berulang. Pada pemeriksaan secara umum detak/denyut nadi teraba lemah, penderita tampak pucat, hal ini disebabkan suplai darah yang tidak maksimum keseluruh jaringan tubuh.

Perawatan
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi tekanan darah rendah (hipotensi). Contohnya, minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak antara 8 hingga 10 gelas per hari, sesekali minum kopi agar memacu peningkatan degup jantung sehingga tekanan darah akan meningkat, mengkonsumsi makanan yang cukup mengandung kadar garam, olah raga teratur.

sumber : http://health.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar