Jumat, 23 April 2010

CEGUK


A. NAMA
1. Nama ilmiah : Quisquails indica L.
2. Nama daerah : wudani (Melayu), biduni (Sunda), rhabet dani (Madura), ceguk (Jawa), tigao (Bugis).
3. Nama asing : rangoon creeper (Inggris), shi fun zi (Cina).

B. KANDUNGAN KIMIA DAN EFEK FARMAKOLOGIS
Tumbuhan ceguk memiliki rasa manis, bersifat hangat, dan beracun (toksik). Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam buah ceguk di antaranya potassium quisqualata, lemak jenuh trigondiline, dan puridine. Kulit buah dan daun terdapat potassium quisqualata. Bunga mengandung eganidine monoglycoside. Sementara itu, daun dan tangkainya mengandung tanin, saponin, kalsium oksalat, lemak peroksida, dan protein.
Efek farmakologis ceguk di antaranya sebagai obat cacing, membantu pencernaan, dan memperkuat limpa.


C. PERBANYAKAN DAN PERAWATAN TUMBUHAN
Perbanyakan tumbuhan ceguk dilakukan dengan biji atau setek batang. Ceguk dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik.

D. BAGIAN TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN DAN PEMANFAATANNYA

Bagian biji, buah masak yang dikeringkan, akar, dan daun dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit sebagai berikut.

1. Ascariasis (cacing gelang)
Tumbuk 3—5 butir biji ceguk lalu berikan pada anak-anak untuk dimakan. Untuk orang dewasa, rebus 2 jari akar ceguk dengan 2 cangkir air. Setelah tersisa 1 cangkir, tambahkan gula jawa secukupnya lalu minum pagi hari sebelum makan.

2. Ankylostomiasis (penyakit karena cacing tambang)
Cuci 50 butir biji ceguk sampai bersih lalu digiling halus. Seduh dengan ½ cangkir air panas, tambáhkan 1 sendok makan madu. Minum saat hangat di malam hari sebelum tidur.

3. Ozyuriasis (cacing kremi)

Sangrai biji ceguk sampai matang, lalu makan dengan cara dikunyah. Lakukan ½ jam sebelum makan. Untuk anak kecil, sangrai biji ceguksebanyak 3—15 butir/hari, sedangkan untuk dewasa 15—30 butir/hari. Dosis tersebut dimakan 3 kali sehari. Lakukan selama 15 hari.

4. Penyakit jamur di kulit
Giling 3—9 butir buah ceguk sampai halus lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Balurkan di bagian yang terkena jamur secara rutin.

5. Sakit kepala
Lumatkan daun ceguk secukupnya lalu tapalkan pada pelipis.

6. Sakit telinga
Cuci bersih daun ceguk secukupnya, tumbuk halus, lalu peras. Teteskan air perasan pada telinga yang sakit sebanyak 1—2 tetes.

2 komentar: