Kamis, 22 April 2010

CIPLUKAN


A. NAMA
1. Nama ilmiah : Physallis peruviana L.
2. Nama daerah : ceplukan (Jawa Tengah) ,jorjoran (Madura), cecendet (Sunda), keceplokan (Bali).
3. Nama asing : morel berry (Inggris), deng long cao (Cina).

B. KANDUNGAN KIMIA DAN EFEK FARMAKOLOGIS

Dalam farmakologi Cina, disebutkan ciplukan memiliki rasa pahit dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam ciplukan di antaranya chlorogenik acid (C27 H44O-H2O), asam sitrun, fisalin, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, gula, vitamin C, dan elaidic acid.
Efek farmakologis yang dimiliki oleh ciplukan di antaranya analgetik, peluruh air seni, penetiral racun, pereda batuk, dan mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh.

C. CARA PERBANYAKAN DAN PERAWATAN TUMBUHAN
Perbanyakan ciplukan dapat dilakukan dengan biji. Terlebih dahulu biji disemaikan lalu dipindahkan ke lubang tanam. Ciplukan dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik.

D. BAGlAN TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN DAN PEMANFAATANNYA
Akar, daun, dan buah ciplukan dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

1. Ayan
Cuci bersih 8--10 butir buah ciplukan lalu makan secara rutin.

2. Bisul
Cuci bersih 10 helai daun ciplukan lalu giling smnpai halus. Turapkan halusan daun di bagian bisul dan sekelilingnya lalu balut dengan kain. Ganti obat dan balutannya 2 kali sehari.

3. Borok
Cuci bersih 20 helai daun ciplukan, giling halus bersama 2 sendok makan air kapur sirih. Tempelkan basil gilingan pada borok atau luka. Lakukan secara rutin, sampai sembuh.

4. Influenza, sakit tenggorokan, gondongan, pembengkakan prostat, batuk rejan, dan pembengkakan buah pelir (orchitis)
Cuci bersih 9—15 g seluruh bagian tumbuhan ciplukan. Rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

5. Kencing manis (diabetes melitus)
Cuci bersih 9—15 g seluruh bagian tumbuhan ciplukan. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

5. Sakit paru-paru
Cuci bersih 9—15 g seluruh bagian tumbuhan ciplukan. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas. Setelah clingin, saring, lalu bagi menjadi 3 bagian yang sama banyak. Minum airnya 3 kali sehari, masing-masing 1 bagian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar