Minggu, 16 Mei 2010

GAMBIR

A. NAMA
1. Nama ilmiah : Uncaria gambir (Hunter.) Roxb.
2. Nama daerah : sontang (Batak); gambie (Minangkabau); gabi, gagabere (Halmahera); gambe (Ternate); gambir (Jawa); gambhir (Madura).
3. Nama asing : gambier, white cutch (Inggris).

B. KANDUNGAN KIMIA DAN EFEK FARMAKOLOGIS

Gambir memiliki rasa pahit, tetapi semakin lama berubah menjadi manis. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam gambir di antaranya zat samak dan asam katekutanat.
Efek farmakologis yang dimiiki oleh gambir di antaranya astringen, pencahar batuk, sakit kuning, dan anti-diare.

C. PERBANYAKAN DAN PERAWATAN TUMBUHAN
Perbanyakan gambir dapat dilakukan dengan setek atau biji. Gambir dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik. Tumbuhan mi menghendaki tempat terbuka dan sedikit terlindung dan sinar matahari.

D. BAGIAN TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN DAN PEMANFAATAANNYA
Daun dan getah gambir dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut. Gambir di jual di pasaran dalam bentuk kotak, agak keras, dan berwarna putih.

1. Campuran makan sirih
Rebus daun gambir, campur dengan dedak halus secukupnya, bentuk kecil-kecil seperti kue, lalu jemur. Daun gambir ini digunakan untuk campuran makan sirih

2. Diare pada anak
Cuci bersih 2 potong gambir di dalam segelas air dan 5 cm rimpang kunyit, lalu iris tipis-tipis kedua bahan tadi. Rebus semua bahan dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Untuk anak-anak berumur 3 bulan, berikan air rebusan 1 sendok teh/hari. Anak-anak berumur 4—5 bulan, berikan 2 sendok teh/hari, dan untuk anak-anak berumur 9 bahan, berikan sebanyak 3 sendok teh/hari. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

3. Serak, sakit pangkal tenggorokan, dan sakit gusi

Cuci 1 potong gambir, rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas.
Gunakan air rebusannya untuk berkumur dan telan sedikit saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar