Selasa, 04 Mei 2010

DAUN PRASMAN


A. NAMA
1. Nama ilmiah : Eupatorium triplinerve Vahl.
2. Nama daerah : daun prasman (Sumatera), prasman (Jawa), jukut prasman (Sunda).
3. Nama asing : –

B. KANDUNGAN KIMIA DAN EFEK FARMAKOLOGIS

Daun prasman memiliki rasa khas yang menyengat dan berbau cumarine. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun prasman di antaranya minyak terbang cumarine, dimethylester thymohydrodiinon, ayepin, timohidrokuinon, saponin, flavonoida, dan polifenol. Efek farmakologis daun prasman di antaranya anti-diare, penurun panas, dan astringen.

C. PERBANYAKAN DAN PERAWATAN TUMBUHAN
Perbanyakan tumbuhan daun prasman dapat dilakukan dengan setek batang. Tumbuhan daun prasman dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk dasar.

D. BAGlAN TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN DAN PEMANFAATANNYA

Bagian daun dan tumbuhan daun prasman dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut

1. Panas dalam dan peluruh kencing
Cuci bersih 20 g daun prasman segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

2. Sakit kepala, borok, dan terkena sengatan kalajengking
Cuci 50 helai daun prasman, tumbuk halus, lalu tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan. Campurkan adonan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun secukupnya lalu simpan dalam wadah kering. Untuk sakit kepala, oleskan pada dahi dan pelipis, sedangkan untuk borok, serta terkena sengatan kalajengking, oleskan pada bagian yang sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar