Selasa, 04 Mei 2010

DAUN JINTEN


A. NAMA
1. Nama ilmiah : Coleus amboinicus Lour.
2. Nama daerah : sukan (Melayu), bangun-bangun (Batak), daun kambing (Madura), ajiran (Sunda), godong jinten (Jawa), iwak (Bali), kunu etu (Timor).
3. Nama asing : caraway seed atau cumin (Inggris), pan ling moung (Cina)
4.
B. KANDUNGAN KIMIA DAN EFEK FARMAKOLOGIS
Tumbuhan daun jinten memiliki rasa getir, beraroma harum, hangat, agak asam, dan membuat rasa tebal di lidah. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada daun jinten di antaranya kalium dan minyak asiri 2% yang mengandung karvakrol serta fenol.
Efek farmakologis daun jinten di antaranya peluruh kentut, penghilang lelah dan letih, anti-asma, penurun panas, anti-septik, pengencer dahak, anti-batuk, serta astringen.

C. PERBANYAKAN DAN PERAWATAN TUMBUHAN
Perbanyakan tumbuhan daun jinten dapat dilakukan dengan setek batang. Daun jinten dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk dasar.

D. BAGIAN TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN DAN PEMANFAATANNYA
Bagian daun atau seluruh bagian dan tumbuhan daun jinten dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit sebagai berikut.

1. Aphrodisiak (obat kuat)
Cuci bersih 7 lembar daun jinten lalu makan sebagai lalap. Lakukan secara rutin.

2. Ayan (phrodis)
Cuci bersih 30 helai daun jinten, 10 lembar daun ngokilo, 25 lembar daun lenglengan, 40 lembar daun sambiloto, 8 tangkai kecil daun meniran, dan 3 jari gula enau. Potong kecil-kecil semua bahan lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin, bagi air rebusan menjadi 3 bagian yang sama banyak untuk diminum 3 kali sehari.

3. Asma dan batuk
Cuci bersih 10 lembar daun jinten segar dengan air matang, tumbuk sampai halus seperti bubur. Peras, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari, dan gosokkan ampas ke seluruh badan.

4. Batuk rejan
Cuci bersih 3/4 sendok teh biji daun jinten, giling sampai halus, lalu seduh dengan ½ cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu, aduk sampai rata, lalu minum sekaligus saat hangat. Lakukan dengan cara dan dosis yang sama 2 kali sehari.

5. Demam
Cuci bersih 10 helai daun jinten segar ukuran sedang dengan air matang, tumbuk sampai halus sehingga seperti bubur. Peras, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari, dan gosokkan ampasnya ke seluruh badan.

6. Memperbanyak ASI
Cuci bersih daun jinten secukupnya lalu dibuat sup. Makan supnya 2 kali sehari.

7. Perut kembung

Cuci bersih 5 lembar daun jinten segar sampai bersih, tumbuk sampai halus, lalu seduh dengan ½ cangkir air panas. Saring seduhannya lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

8. Rematik
Cuci bersih 20 heiai daun jinten segar lain giling sampai halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya, aduk rata, remas, lalu simpan dalam wadah yang kering. Oles dan gosokkan bubur daun secara merata pada bagian yang sakit. Lakukan 3—4 kali sehari.

9. Sariawan
Cuci bersih helai daun jinten segar ukuran sedang dengan air matang lalu kunyah perlahan. Telan air sari daun yang diperoleh lalu buang ampasnya.

10. Sakit kepala

Cuci bersih 4 lembar daun segar lain tumbuk halus sehingga seperti bubur. Borehkan pada kedua pelipis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar