Minggu, 09 Mei 2010

EKOR KUCING


A. NAMA
1. Nama ilmiah : Acalypha hispida Burm. F.
2. Nama daerah : ekor kucing (Jawa), tali anjing (Sunda), lofiti (Ternate).
3. Nama asing : cats tail (Inggris), gou wei bong (Cina).

B. KANDUNGAN KIMIA DAN EFEK FARMAKOLOGIS
Dalam farmakologi Cina, tumbuhan ekor kucing memiliki rasa manis, bersifat sejuk, dan kelat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tumbuhan ekor being di antaranya acalyphin, flavonoid, saponin, dan tanin.
Efek farmakologis ekor kucing di antaranya menghentikan pendarahan, penutup luka, dan meluruhkan air seni.

C. PERBANYAKAN DAN PERAWATAN TUMBUHAN
Perbanyakan tumbuhan ekor kucing dapat dilakukan dengan setek batang. Tumbuhan ekor being dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik.

D. BAGlAN TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN DAN PEMANFAATANNYA
bunga dan daun ekor being dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

1. Cacingan, disentri, dan radang usus
Cuci bersih 10—30 g bunga ekor kucing lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 gelas sehari.

2. Kusta
Cuci bersih daun ekor kucing secukupnya, tambahkan kencur sebanyak separuh dan jumlah daun, lain tumbuk hams sampai menyerupai bubur. Oleskan merata pada bagian yang terkena kusta. Lákukan secara rutin 2 kali sehari.

3. Kulit kehilangan pigmen (vertiligo)
Cuci bersih 7 helai daun segar dan 1/2 ibu jari kencur lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit air sehingga membentuk adonan, aduk sampai rata. Borehkan pada bagian kulit yang kehilangan pigmen lalu balut dengan kain atau perban. Lakukan 2 kali sehari.

4. Menutup luka berdarah
Cuci bersih 7 helai daun segar, tumbuk sampai halus, lalu tambahkan sedikit air sehingga membentuk adonan. Tempelkan pada luka berdarah lain balut dengan kain atau perban.

5. Muntah darah
Cuci bersih 30 g bunga mentah ekor kucing, 30 g gula enau, lalu tumbuk sampai halus. Makan hasil tumbukan sekaligus habis. Lakukan 3 kali sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar