Selasa, 04 Mei 2010

DAUN SUJI


A. NAMA
1. Nama ilmiah : Pleomele angustifolia N.E. Brown
2. Nama daerah : suji, hanjuwang merak, jingkang (Sunda), jejuang bukit, pendusta titan (Ambon), semar (Jawa), Bakong (Madura)
3. Nama asing : –

B. KANDUNGAN KIMIA DAN EFEK FARMAKOLOGIS

Tumbuhan daun suji memiliki rasa yang tidak pahit, berbau harum, dan bersifat dingin. Beberapa bahan kimia yang terdapat dalam daun suji di antaranya saponin dan flavonoid.
Efek farmakologis akar daun suji di antaranya nyeri lambung dan penawar racun, sedangkan daun untuk anti-inflamasi serta anti-disentri.

C. PERBANYAKAN DAN PERAWATAN TUMBUHAN
Perbanyakan tumbuhan daun suji dapat dilakukan dengan biji, cangkokan, dan okulasi. Namun, hasil yang terbaik adalah dengan okulasi. Tumbuhan daun suji dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik. Tumbuhan mi memerlukan banyak air dan menghendaki tempat yang sedikit terlindung dan sinar matahari.


D. BAGIAN TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN DAN PEMANFAATANNYA
Bagian daun, akar, dan batang dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

1. Disentri dan beri-beri
Cuci bersih 20 g daun suji segar, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

2. Kencing nanah
Cuci 20 g daun suji segar dengan 1 gelas air sampai airnya tersisa ½ gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

3. Nyeri lambung

Cuci bersih 20 g akar daun suji segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

4. Nyeri haid

Cuci bersih 20 g daun suji segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

5. Penawar racun
Cuci bersih 20 g akar segar lalu rebus dengan 2 galas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar