Minggu, 13 Juni 2010

JARONG

A. NAMA
1. Nama ilmiah : Achyranthes aspera L.
2. Nama daerah : jarong lalaki (Sunda), rumjarum (Madura), dan ngadirengga (Jawa Tengah).
3. Nama asing : dao kou cao (Cina).

B. KANDUNGAN KIMIA DAN EFEK FARMAKOLOGIS
Dalam farmakologi Cina, jarong memiliki rasa agak pahit dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam jarong di antaranya akiranlin glukosa, galaktosa, reiosa, ranmosa, alkaloid, hentriakontan, sapogenin, betain ecdysterone, dan triterpenoid saponnin.
Efek farmakologis jarong di antaranya melancarkan peredaran darah, peluruh haid, memperkuat hati, dan ginjal, memperkuat otot, urat, serta tulang, anti-inflamasi, anti-racun, peluruh kencing, dan hemostatik.

C. PERBANYAKAN DAN PERAWATAN TUMBUHAN
Perbanyakan jarong dilakukan dengan batang dan akar tunggang. Jarong dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik

D. BAGIAN TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN DAN PEMANFAATANNYA

Seluruh bagian tumbuhan, termasuk akarnya, dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

1. Bisul besar di ketiak (carbuncle)
Campurkan 50 g tumbuhan segar dengan 1 cangkir air matang dan 1 seloki arak, lalu ditim. Saring air rebusan lalu minum sekaligus 1 kali sehari. Sementara itu, lumatkan ampasnya lalu tempelkan ke bisulnya.

2. Bronkhitis, radang pan, dan radang amandel
Rebus 10 g tumbuhan kering atau 40 g tumbuhan segar dengan 6 gelas air sampai tersisa 3 gelas lalu dinginkan. Saring air rebusan lalu minum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

3. Gondok
Rebus 10 g akar jarong dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas lalu dinginkan. Saring air rebusan lalu diminum 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas. Selain itu, lumatkan akarnya lalu tempelkan ke bagian yang sakit.

4. Kencing batu dan infeksi ginjal
Rebus seluruh 25 g tumbuhan segar dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusan lalu diminum sekaligus 1 gelas sehari.

5. Malaria
Rebus 15 g tumbuhan kering atau 60 g tumbuhan segar dengan 6 gelas air sampai tersisa 3 gelas lalu dinginkan. Saring air rebusan lalu diminum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar