Minggu, 06 Juni 2010

JARAK PAGAR

A. NAMA
1. Nama ilmiah : Jatropha curcas L.
2. Nama daerah : jarak costa (Melayu), jarak kusta (Sunda), kalele (Madura), jarak pager (Bali), bintalo (Gorontalo), balacai hisa (Ternate).
3. Nama asing : purging nut (Inggris).

B. KANDUNGAN KIMIA DAN EFEK FARMAKOLOGIS

Jarak pagar memiliki rasa pahit dan bersifat sejuk, tetapi bijinya sangat beracun. Beberapa bahan kimia dalam jarak pagar di antaranya, -amirin, kanipesterol, stigmasterol, -sitosterol, 7-keto-Sitosterol, dan HCN.
Efek farmakologis yang dimiliki oleh jarak pagar di antaranya melancarkan darah (stagnant blood dispelling), menghilangkan bengkak, menghentikan pendarahan, dan menghilangkan gatal (anti-pniritic).

C. PERBANYAKAN DAN PERAWATAN TUMBUHAN
Perbanyakan jarak pagar dapat dilakukan dengan biji. Jarak pagar dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik.

D. BAGIAN TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN DAN PEMANFAATANNYA
Daun segar dad jarak pagar dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

1. Bengkak terpukul, terkilir, patah tulang, dan luka berdarah
Cuci 7 helai daun segar sampai bersih, tumbuk sampai hancur, tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan, lalu borehkan ke bagian yang sakit. Jika diperlukan, borehkan 3 kali sehari.

2. Gatal-gatal, eksim, dan jamur di kaki
Panaskan 3—5 helai daun segar di atas api sampai menjadi layu dan lemas. Remas-remas daun layu lalu tempelkan di bagian yang sakit.

3. Lepra
Cuci 9 helai daun segar sampai bersih, tumbuk sampai hancur, tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan, borehkan ke bagian yang sakit, lalu balut dengan kain atau perban. Cuci bagian yang terkena lepra dengan rebusan air daun sirih atau alkohol, ganti ramuan, lalu balut kembali. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.

4. Penyubur rambut
Basahi kulit kepala dengan minyak jarak pagar sambil dipijat. Lakukan seminggu sekali dengan cara yang sama.

5. Rematik.
Cuci 10 helai daun segar sampai bersih, tumbuk sampai hancur, tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan, lalu borehkan ke bagian yang sakit. Jika diperlukan, borehkan 3 kali sehari.

Catatan :
• Minyak jarak pagar dapat dibeli di apotik atau toko obat.
• Biji jarak pagar sangat beracun, karena itu pemakaiannya harus berhati-hati.
• Untuk menghilangkan racun biji sebaiknya biji disangrai dahulu.
• Wanita hamil dilarang minum ramuan dan jarak pagar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar