Sabtu, 21 Agustus 2010

JOMBANG

A. NAMA
1. Nama ilmiah : Taraxacum mongolicum Hand-Mazz.
2. Nama daerah : jombang (Melayu).
3. Nama asing : dandelion (Inggris) dan pu gong ying (Cina).

B. KANDUNGAN KIMIA DAN EFEK FARMAKOLOGIS

Dalam farmakologi Cina, jombang memiliki rasa manis, pahit, bersifat dingin, dan masuk meridian lever, serta lambung. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam jombang di antaranya choline, taraxol , taraxerol, taraxasterol, -amyrin, stigmasterol, glukosa, fruktosa, dan -sitosterol.
Efek farmakologis yang dimiliki oleh jombang di antaranya anti-biotic, anti-radang, anti-swelling, penurun panas, penghilang racun, peluruh kencing, dan penguat lambung.
Efek samping yang terkadang ditimbulkan setelah minum rebusan jombang di antaranya terasa mual, muntah, tidak enak di perut, dan diare ringan.

C. PERBANYAKAN DAN PERAWATAN TUMBUHAN
Perbanyakan jombang dilakukan dengan biji. Jombang dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik. Tanaman ini menghendaki tempat yang cukup matahari.

D. BAGIAN TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN DAN PEMANFAATANNYA

Seluruh bagian tumbuhan, rimpang segar, atau dikeringkan dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

1. Kanker di bagian paru-paru, servix, uterus, dan gusi
Cuci bersih 30 g tumbuhan segar jombang, tumbuk sampai halus, lalu peras. Minum air perasan sekaligus. Ulangi dengan cara yang sama 2 kali sehari.

2. Luka bakar dan tersiram air panas
Tumbuk 60 g akar segar sampai halus lalu peras. Oleskan air perasnnya pada bagian yang luka.

3. Maag kronis
Cuci bersih 20 g tumbuhan segar jombang lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

4. Memperbanyak ASI dan memperbaiki fungsi pencernaan
Potong kecil-kecil 30 g akar atau rimpang segar jombang lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, peras, lalu saring air perasan, dan buat menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore, masing-masing 1 bagian.

5. Radang atau abses payudara
Cud bersih 30 g tumbuhan jombang segar lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu dimmum 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.
Untuk obat Iuarnya, cuci tumbuhan segar jombang 60 g, tumbuk, lalu peras. Oleskan air perasannya pada bagian yang sakit.

6. Radang kantung empedu
Cuci 40 g tumbuhan jombang segar sampai bersih lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu diminum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

7. Tumor di esophagus, lambung, usus, hail, dan pankreas
Cuci bersih 20 g tumbuhan segar jombang, tumbuk sampai halus, lalu peras. Minum air perasan sekaligus 3 kali sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar