Kamis, 18 November 2010

KAYU PUTIH

A. Nama
1. Nama ilmiah: Melaleuca leucadendron L.
2. Nama daerah : kayu putih (Jawa dan Timor), kapape (Flores), kapuka (Solor), nggela sole (Roti), aren (Alor).
3. Nama asing : cajuput oil tree, paper bark tree, melaleuca (Inggris); bao qian ceng (Cina).

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kulit pohon kayu putih memiliki rasa tawar, netral, dan bersifat penenang. Daunnya berasa pedas, kelat, dan bersifat hangat. Kayu putih mengandung lignin, melaleucin, serta minyak asiri yang terdiri dan sineol 50—65 %, alpha-terpineol, valeraldehida, dan benzaldehida.
Efek farmakologis kayu putih di antaranya sebagai penghilang rasa sakit (analgetik) , peluruh keringat (dilaphoretic), antirematik, peluruh kentut (carminative), pereda kulit (spasmolitic) , penambah nafsu makan, karminatif, dan obat sakit perut.

C. Perbanyakan dan Perawatan Tumbuhan

Perbanyakan kayu putih dapat dilakukan dengan biji dan anakan. Kayu putih dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik.

D. Baglan Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Kulit batang, daun, ranting, dan buah kayu putih dapat digunakan untuk mengobati penyakit sebagai berikut.

1. Batuk, demam karena flu, sesak napas (asma), sakit kepala, dan sakit gigi
Rebus 13 g daun kayu putih dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing ½ gelas.

2. Lemah tidak bersemangat (neurathenia), insomnia
Potong-potong 9 g kulit kayu putih kering lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa i gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya lalu minum dua kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

3. Luka bernanah
Kunyah kulit kayu putih muda, sedikit jahe, dan asam. Tempelkan hasil kunyahan pada luka terbuka yang bernanah. Ramuan ini akan membersihkan luka dan mengisap nanah yang terdapat pada luka.

4. Radang kulit ekzema, sakit kulit karena alergi
Cud bersih 1 genggam daun kayu putih segar, lalu rebus dengan 3 gelas air bersih sampai mendidih. Biarkan air rebusan sampai hangat, lain gunakan untuk mencuci bagian kulit yang sakit.

5. Rematik, nyeri pada tulang dan saraf (neuralgia), radang usus, diare, perut kembung

Rebus 9 g daun kayu putih kering dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya lain minum. Air rebusan dapat diminum dua kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

1 komentar: